Posted by : Unknown Juli 06, 2013

Sudahkah kalian membuat blog? Sudahkah kalian mengisinya dengan postingan-postingan yang menarik dan bermanfaat?  Lalu, bagaimana hasilnya? Apakah pengunjungnya sesuai harapan..? apakah blog kalian semakin berkembang maju?
Yup, itulah pertanyaan awal yang bisa dilontarkan bagi kita yang baru saja membuat BLOG dan belum tahu banyak tentang dunia blogging. Jika ada di antara kita yang baru membuat blog tapi pengunjungnya sudah banyak, selamat. Tapi, bagaimana dengan yang belum..? tenang saja kawan.


Fungsi utama dari social bookmarking adalah apabila ada postingan kita yang menarik, maka akan memudahkan bagi pembaca untuk membookmark postingan kita tersebut dalam social bookmarking.
Ada beberapa social bookmarking terkenal yang patut kita coba, seperti digg, yahoo, mixx, del.icio.us, technorati, stumbleupon, reddit, dsb.

Daftarkan ke blog direktori

Blog direktori merupakan sebuah situs yang menyediakan fasilitas bagi kita untuk melihat berbagai jenis situs yang terdaftar di dalamnya sebagai sebuah satu ke satuan komunitas dan terbagi ke dalam beberapa kategori. Blog direktori ini layaknya seperti sebuah gudang blog-blog yang terdaftar di dalamnya. Apa manfaatnya jika kita mendaftarkan blog kita di sana? Manfaatnya adalah setiap postingan yang telah terpublikasikan dalam blog kita akan secara otomatis terjaring dalam pencarian search engine. Karena pada dasarnya situs blog direktori ini mendapat semacam hak previlege atau mendahului dalam hal publikasi konten-konten postingan dari blog-blog yang terdaftar di dalamnya. Beberapa blog direktori yang terkenal antara lain seperti, blog catalog, technorati, blogdigger, mybloglog, dsb.

Daftarkan ke milist

Apa untungnya jika blog kita didaftarkan ke dalam milist? Yup, tentu saja ini akan sangat bermanfaat sejalan dengan cara kerja milist itu sendiri. Jika dalam sebuah milist terdapat 10.000 anggota, maka setiap ada satu anggota yang mengirimkan informasi yang bermanfaat dan menarik dalam milist tersebut, maka akan secara otomatis informasi tersebut akan terdistribusikan ke 9.999 anggota lainnya. Jika informasi yang dikirimkan tersebut memang menarik dan layak untuk dibaca, tentu hal ini akan mengundang sebuah rasa penasaran dari anggota lainnya untuk mengunjungi blog kita bukan? Jadi, daftarkan saja blog kita ke dalam milist yang berkaitan tema dalam blog yang kita punya.

Ikuti forum

Bergabunglah dalam sebuah forum diskusi yang membahas topik permasalahan yang sama dengan tema dalam blog kita. Jika kita mampu untuk menjadi anggota yang berkompeten di dalamnya, bukan tidak mungkin akan banyak orang yang akan sering mengunjungi blog kita. Bagaimana bisa? Yup, bagaimana jika kita melihat ada seorang yang mahir dan berkompeten dalam sebuah forum. Setiap da pertanyaan selalu dijawab dengan komentar yang memuaskan. Postingannya dalam forum tersebut juga sangat bagus. Tentu kita akan menganggapnya sebagai yanga dapat diandalkan bukan? Nah, dengan kepercayaan kita terhadap orang semacam inlah yang nantinya akan membawa kita secara sukarela untuk mengunjungi blog miliknya tanpa pakasaan untuk bisa belajar dan mendapatkan ilmu yang lebih dari dirinya.

Gunakan signature dalam email

Pemberian tanda tangan dalam email kita juga cukup penting dalam mempromosikan blog kita ke khalayak ramai. Jika ada orang yang menerima email kita dan pada email kita tersebut telah terpasang tanda tangan yang berisikan nama dan alamat blog kita, bukan tidak mungkin hal itu akan memberikan rasa penasaran tersendiri kepada penerima email kita tersebut untuk mempengaruhinya dalam mengunjungi blog kita.

Tingkatkan blogwalking dan komentar

Jangan lupa untuk mengunjungi blog milik orang lain dan meninggalkan komentar yang bermutu di setiap postingan mereka. Biasanya orang akan terpengaruhi oleh komentar bermutu yang kita berikan untuk mengunjungi blog kita. Selain itu, jangan lupa untuk mengisi buku tamu atau kotak percakapan jika disediakan oleh pemilik blog. Tulislah secara lengkap terutama alamat blog kita dalam form kotak identitas kolom komentar. Ingat, jangan memberikan spam terhadap komentar yang kita berikan tersebut.

Lakukan blogroll

Apa itu blogroll? Blogroll merupakan sebuah kegiatan untuk saling bertukar link alamat blog kita dengan alamat blog milik orang lain yang masing-masing ditempatkan di halaman blognya. Lalu, apa manfaatnya? Selain menambah pagerank, dengan mengadakan blogroll juga akan menambah jalinan silaturahmi antar sesama blogger yang pada intinya dapat mempromosikan blog kita kepada orang lain.

Adakan sebuah kontes

Jika kita memiliki cukup uang, maka tidak ada salahnya jika kita melakukan sebuah kontes dalam bidang tertentu yang nantinya akan melibatkan blog kita hingga dikenal oleh masyarakat luas. Misalnya kontes seo, membuat sebuah karya tertentu, dsb.

Beritahu teman kita secara offline

Selain promosi yang bersifat online, memberitahu teman jika kita memiliki sebuah blog juga merupakan sebuah langkah promosi yang bagus. Seringkali teman kita tersebut akan menengok seperti apa bentuk dari blog yang kita beritahukan tersebut. Jika ternyata memang bagus, maka tidak menutup kemungkinan jika teman kita itu pun akan menjadi salah satu pengunjung tetap kita nantinya.

Promosikan lewat iklan

Hal ini hanya disarankan dilakukan oleh mereka yang benar-benar serius terhadap blog yang dimilikinya. Biasanya hal ini terjadi pada blog-blog yang manfaatnya lebih diarahkan untuk fungsi yang bersifat komersial, semisal blog yang menawarkan barang dagangan yang mereka jual, dsb. Dengan tingginya biaya iklan yang harus dikeluarkan, ada baiknya jika kita yang masih belum memiliki cukup dana untuk mencoba beberapa layanan iklan secara gratis yang mungkin hasilnya tidak akan seakurat layanan iklan berbayar.

Wahh,, banyak sekali bukan langkahnya..?
Jadi, yang dapat kita simpulkan di sini adalah bahwa dalam mempromosikan sebuah blog agar dikenal masyarakat itu tidak hanya berasal dari satu faktor saja, tetapi kita juga perlu untuk memperhatikan dan mencermati faktor-faktor pendukung lainnya demi hasil yang maksimal. Coba lakukanlah salah satu langkah di atas agar blog yang kita miliki semakin dikenal luas oleh masyarakat hingga akhirnya akan ada banyak pengunjung yang mendatangi blog kita nantinya.

Selamat berusaha dan tetap semangat ya..?!!
Salam Blogger..!!

Leave a Reply

Sebelum Berkomentar Mohon Patuhi Peraturan Berikut :

-Berkomentarlah yang sopan
-Jangan berkata yang dilarang/Kotor.
-Gunakanlah Google Acc / Name /URL , Usahakan Tidak memakai Anonym
-Dilarang Spam , Sara , Floods.
-Dilarang Chat Yang Berbaur Porno.
-Tidak menaruh live link, jika melarang akan saya hapus permanen.

Salam,Admin Lanz EXCLUSIVE

Terima Kasih.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Exclusive Blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Modified by AlamsyahJN