Posted by : Unknown November 18, 2016


Desa Golat  merupakan sebuah desa kecil di kabupaten Ciamis, Kecamatan Panumbangan, terletak di Jawa Barat. Secara geografis Desa Golat dinilai cukup strategis karena menjadi penghubung antara daerah Warudoyong dan Panumbangan. Golat berada di dataran rendah dikelilingi dengan gunung sawal dan menjadi salah satu sumber mata air yang ada di kec.Panumbangan inilah keunikan tersendiri dari desa Golat di bandingkan dengan desa lain yang ada di Warudoyong.
Menurut cerita dari orang-orang di desa tersebut nama Golat asal muasalnya diambil dari nama '5 pendekar jawara atau 5 pendekar silat/ orang sakti. Jadi arti nama Golat adalah '5 pendekar silat/sakti"
Jadi dulu Golat merupakan salah satu wilayah dari kerajaan Majapahit yang diberikan mandat untuk menjaga daerah tersebut adalah daerah orang orang yang bersakti karena Golat daerah strategis. Golat menjadi pos dari kerajaan Majapahit. Konon 5 pendekar silat adalah orang sakti mandraguna karena inilah mereka dipercaya untuk menjaga pos dari kerajaan Majapahit.

Cerita berawal pada suatu ketika daerah Golat sedang terjadi kekeringan yang berkepanjangan, banyak pohon-pohon yang layu bahkan mati karenanya. Terjadinya kekeringan tersebut membuat 5 pendekar silat atau sakti itu turun tangan. Mereka bertapa mencari petunjuk dari Sang Maha kuasa di tempat Sumberan.

Ia mendapatkan wangsit bahwa mereka harus mencabut sebuah pohon jati yang besafr yang ada di sekitar sumberan tersebut. Dengan kesaktian 5 pendekar tersebut pohon jatipun dicabut. Setelah tercabut pohon jati itu mengeluarkan sumber air dari dalam tanah kemudian sumber air temat itu diberinama "cibodas" karena air yang keluar dari pohon jati itu sangatlah bening dan bersih sekali. Kini air yang keluar dari sumber air ddi Golat Cibodas tersebut mengairi ke daerah Golat lainnya juga. Setelah adanya sumber air teserbut yang berawal dari Cibodas, akhirnya daerah Golat menjadi subur kembali setelah lama kekeringan itu melanda daerah tersebut.

1 komentar

  1. baca sejarah setiap tempat terasa menarik sekali
    dan di samping itukita bisa melihat keunikan / keanekargaman budaya
    terimakasih gan nambah wawasan banget

    BalasHapus

Sebelum Berkomentar Mohon Patuhi Peraturan Berikut :

-Berkomentarlah yang sopan
-Jangan berkata yang dilarang/Kotor.
-Gunakanlah Google Acc / Name /URL , Usahakan Tidak memakai Anonym
-Dilarang Spam , Sara , Floods.
-Dilarang Chat Yang Berbaur Porno.
-Tidak menaruh live link, jika melarang akan saya hapus permanen.

Salam,Admin Lanz EXCLUSIVE

Terima Kasih.

- Copyright © 2013 Exclusive Blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Modified by AlamsyahJN