Posted by : Unknown Juli 20, 2013

JAKARTA – Dompet Dhuafa secara resmi membuka kantor Social Trust Fund (STF) unit program Jakarta Barat pada Senin, (10/12) di ruang serba guna RW. 06 Kelurahan Jati Pulo, Jakarta Barat. Peresmian dihadiri oleh Direktur Program Dompet Dhuafa M. Thoriq Helmi, Penulis Ippho Santosa, Camat Palmerah Agus Tri, dan Lurah Jati Pulo Suhardin.

STF merupakan program ekonomi Dompet Dhuafa yang memainkan peran sebagai bank orang miskin. Transaksi dominan yang dikembangkan adalah berbasis kepada akad dana kebajikan (Qardhul Hasan), yakni meminjam dengan pengembalian tanpa tambahan bunga maupun bagi hasil.

“Umat Islam didorong untuk kuat salah satunya secara ekonomi. Dompet Dhuafa ingin membantu masyarakat yang belum kuat secara ekonomi melalui STF ini,” ucap Pak Thoriq.

Dompet Dhuafa menaruh harapan dengan hadirnya STF dapat dimanfaatkan optimal oleh warga Jati Pulo dan sekitarnya. “Yang tadinya gerobak es dogernya satu nambah jadi dua. Yang tadinya produksi baksonya sedikit bisa menjadi lebih banyak dan juga banyak pelanggan. Kami berharap ada kemajuan usaha setelah diberi dana pinjaman STF,” tambahnya.

Sementara itu, sebagai pendukung program STF, Ippho Santosa berpesan bagi para pengguna dana STF untuk amanah. “Dan yang paling penting dalam menggunakan dana ini amanah. Kalau gak amanah percaya deh gak bakalan untung. Ada hadistnya,” terang Ippho.

Ippho juga memotivasi para penerima manfaat dana STF bahwa Islam identik dengan dagang. Selain menafkahi keluarga menjadi pedagang merupakan salah satu mensyiarkan Islam. “Nabi itu dagang. Istri nabi dagang dan sahabat nabi pun dagang,” katanya.

STF Jakarta Barat merupakan lokasi pertama STF yang digulirkan di Jakarta. Sebelumnya, jaringan STF telah bergulir di Tasikmalaya, Tangerang Selatan, Padang Pariaman, Wasior, dan Mentawai.

Sumber dana STF berasal dari infak, sedekah, dana Corporate Social Responsibility (CSR) serta dana sosial lainnya.  Kekuatan utama STF adalah betul-betul kepercayaan di antara pengelola dan penerima manfaat. (gie)

1 komentar

Sebelum Berkomentar Mohon Patuhi Peraturan Berikut :

-Berkomentarlah yang sopan
-Jangan berkata yang dilarang/Kotor.
-Gunakanlah Google Acc / Name /URL , Usahakan Tidak memakai Anonym
-Dilarang Spam , Sara , Floods.
-Dilarang Chat Yang Berbaur Porno.
-Tidak menaruh live link, jika melarang akan saya hapus permanen.

Salam,Admin Lanz EXCLUSIVE

Terima Kasih.

- Copyright © 2013 Exclusive Blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Modified by AlamsyahJN