Posted by : Unknown Juli 24, 2013

Ketika Anda mencari sesuatu pada mesin pencari Google, Anda akan disodorkan begitu banyak situs yang relevan dengan yang Anda cari, bisa ratusan situs, ribuan, bahkan jutaan. Bagaimana sih sebenarnya Google mengurutkan halaman-halaman situs tersebut? Ada banyak hal sebenarnya yang menjadi pertimbangan untuk membuat sebuah situs bisa tampil pada urutan lebih awal di halaman hasil pencarian pada mesin pencari (search engine) Google. Mulai dari meta description, meta keyword, konten website yang relevan dengan keyword pencarian, penekanan pada konten tertentu, dan lain-lain. Namun, hal tersebut pada kenyataannya belum cukup andal untuk dijadikan oleh Google sebagai pertimbangan untuk mengurutkan situs-situs pada halaman hasil pencarian Google. Akhirnya PAGE RANK dijadikan pertimbangan lain dalam mengurutkan situs-situs tersebut.
Page rank sendiri merupakan sebuah algoritma yang ditemukan oleh pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Page rank bisa dikatakan ranking yang diberikan Google untuk halaman situs berdasarkan tingkat kepopuleran halaman tersebut. Nilai page rank ini antara 0 – 10. Untuk mengukur kepopuleran sebuah halaman situs, Google mendasarkan pada banyaknya link/tautan yang mengarah ke halaman situs tersebut dan mempertimbangkan keseimbangan antara link masuk (inbound link) dengan link keluar (outbound link). Sederhananya seperti ini, sebuah situs yang kontennya bagus, tentu akan semakin disukai oleh banyak user. Semakin banyak link yang mengarah ke sebuah situs, bisa diasmumsikan bahwa situs itu merupakan situs yang populer. Ini juga berarti situs tersebut mempunyai isi yang lebih bagus sehingga lebih layak untuk ditampilkan lebih awal. Sebagai contoh, misalkan Anda menyukai isi dari blog saya ini (amiiin… :D ), kemudian Anda memasukkan link blog saya ini pada situs Anda (misalkan Anda masukkan pada blogroll), maka link blog saya yang Anda masukkan pada situs Anda dihitung sebagai sebuah inbound link bagi blog saya. Jumlah link masuk itulah yang dijadikan patokan untuk memberikan nilai Page Rank. Selain banyaknya link masuk, kualitas blog yang mengarahkan link tersebut ke situs Anda juga dipertimbangkan. Link masuk yang diarahkan dari situs dengan page rank tinggi tentu lebih berkualitas dibandingkan dengan link masuk dari situs dengan page rank rendah.
Situs yang mempunyai page rank lebih tinggi akan diurutkan lebih dahulu dari pada situs dengan page rank lebih rendah pada halaman hasil pencarian Google sesuai dengan relevansi isi yang sesuai dengan keyword pencarian. Oleh karena itu, salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar situs Anda tampil lebih awal pada halaman pencarian Google adalah dengan meningkatkan Page Rank Google situs Anda.

Sumber: Blog BanditBatak

Leave a Reply

Sebelum Berkomentar Mohon Patuhi Peraturan Berikut :

-Berkomentarlah yang sopan
-Jangan berkata yang dilarang/Kotor.
-Gunakanlah Google Acc / Name /URL , Usahakan Tidak memakai Anonym
-Dilarang Spam , Sara , Floods.
-Dilarang Chat Yang Berbaur Porno.
-Tidak menaruh live link, jika melarang akan saya hapus permanen.

Salam,Admin Lanz EXCLUSIVE

Terima Kasih.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Exclusive Blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Modified by AlamsyahJN